Contoh Artikel, Beda Teknologi Jaringan atau Sinyal GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, Dan 4G

Pojok Cyber Ksm – Berawal dari pencarian beberapa ponsel terkini yang ada di pasaran Indonesia saat ini, tiba-tiba saja Pojok Cyber Ksm memutuskan untuk memposting tulisan tentang beberapa tingkatan kecepatan akses data internet yang telah berkembang pesat.

Apa yang terlintas saat itu terkait dengan kecenderungan para pengguna gadget, baik smartphone atau ponsel pintar dan tablet, untuk mencari perangkat yang di dalamnya sudah termasuk kemampuan akses data internet yang tercanggih atau tercepat saat ini.
Perkembangan Teknologi Jaringan Mobile
Perkembangan Teknologi Jaringan (uwangmelayu.wordpress.com)


Kecepatan akses data internet sendiri, semakin menunjukan tingkatan perkembangan dan kemajuan dari teknologi sebelumnya.

Urutan dari mulai yang paling lambat sampai dengan yang tercepat saat ini (15/09/2015) yaitu: GPRS (2.5G), EDGE (2.75G), UMTS/EVDO/W-CDMA (3G), HSPA/HSDPA (3.5G), dan 4G.

Di bawah ini Pojok Cyber Ksm menuliskan penjelasan singkat dari masing-masing teknologi jaringan tersebut

GPRS
GPRS atau General Packet Radio Service, merupakan teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data dengan kecapatan dari 56 kbps sampai dengan 115 kbps. Dengan teknologi ini kita bisa mengakses internet, mengirim e-mail dan mms (pesan gambar).

EDGE
EDGE atau Enhanced Data Rates for GSM Evolution (2.75G) merupakan evolusi dari teknologi GSM dan IS-136. Kecepatan teknologi jaringan EDGE ini, secara teori, bisa mencapai 473,6 kbps. Kecepatan ini secara rata-rata berarti 3 kali dari kecepatan GPRS. Layanan EDGE sama seperti layanan pada GPRS, yaitu browsing, mms dan email.

3G
W-CDMA/UMTS atau Third Generation Technology merupakan generasi ketiga perkembangan teknologi tanpa kabel. Teknologi jaringan CDMA 3G sekelas dengan EVDO (Evolution-Data Optimized).

Dibanding dengan EDGE dan GPRS, 3G memiliki fasilitas yang lebih tinggi. Jika pada jaringan GPRS dan EDGE kita hanya bisa melakukan berkirim e-mail, mms, dan browsing, maka jaringan 3G sudah bisa melayani user untuk bisa melakukan video streaming (di dalamnya termasuk: video call, video conference, dll). Kecepatan 3G secara teori mencapai 480kbps.

HSDPA
HSDPA atau High-Speed Downlink Packet Access merupakan teknologi jaringan hasil pengembangan dari teknologi jaringan 3G. HSDPA sering kali disebut sebagai generasi 3.5 G. Mengingat HSDPA masih berjalan pada platfrom 3G.

Secara teori, kecepatan HSDPA ini mencapai 3.6 Mbps atau 9 kali lebih cepat dari layanan 3G pada umumnya.

Konten yang bisa dilayanai tidak jauh berbeda dengan konten 3G yang sudah ditawarkan oleh beberapa operator seluler di Indonesia yaitu mobile video, video call, video content dan mobile TV.

Perbedaan HSDPA dengan 3G adalah kemampuan menyuguhkan gambar yang lebih tajam dari gambar yang ditawarkan oleh 3G.

4G
Fourth-gGneration Technology atau sering disebut LTE Advanced merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah "10G and beyond".

Belum ada definisi formal untuk 4G. Bagaimanapun, terdapat beberapa pendapat yang ditujukan untuk 4G, yakni: 4G akan merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh. Ini akan dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel dapat dikonversikan dan mampu menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi. 4G akan menawarkan segala jenis layanan dengan harga yang terjangkau. Operator 4G pertama di Indonesia adalah Sitra WiMAX.


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak