Info Teknologi Terbaru, Google Maps Kini Bisa Digunakan Secara Offline (Tanpa Koneksi Internet)

Sudah sejak lama kita mengetahui, sebatas yang kita tahu tentunya, bahwa aplikasi petunjuk arah atau peta hanya bisa bekerja manakala ada koneksi internet (online) pada saat digunakan.

Tetapi, dengan semakin pesatnya teknologi komunikasi, kini, bagi Anda pengguna Google Maps, kita bisa menggunakan aplikasi peta atau petunjuk arah besutan Google ini, termasuk di dalamnya layanan navigasi Google Maps, tanpa koneksi internet atau secara offline.
Ilustrasi Penggunaan Google Maps Offline (freepik)
Ilustrasi Penggunaan Google Maps Offline (freepik)


Google Maps dengan visi terbarunya, memungkinkan para pengguna layanan peta tersebut untuk mendownload peta suatu daerah, termasuk di dalam paket unduhan tersebut informasi-informasi penting, seperti lokasi bisnis dan nama jalan, akan tersimpan pada perangkat mobile pengguna.

Maka secara otomatis, setelah semua informasi peta daerah tersebut berhasil diunduh, aplikasi google maps ini bisa kita pindah ke mode offline, manakala di daerah tersebut sinyal internetnya kurang bagus atau bahkan ada sinyal internet sama sekali.

Selain informasi yang disebutkan di atas, informasi lain semisal informasi kontak dan peringkat, jam-jam sibuk, masih tersedia.

Tetapi, pengguna google maps tentu saja harus puas sampai pada tahapan, dimana informasi yang diunduh dan akan dijalankan pada mode offline tersebut, tanpa informasi dan data lalu lintas yang real-time untuk membantu menentukan rute mengemudi pada saat itu.

Amanda Bishop, Google Product Manager, sebagaimana dikutip oleh Pojok Cyber dari Tekno Liputan6 yang mengambil sumber dari Los Angeles Times, pada Rabu (11/11/2015), dalam sebuah posting menuliskan, bahwa ketika koneksi internet ditemukan, maka Google Maps akan beralih kembali ke modus online, sehingga pengguna bisa dengan mudah mengakses versi lengkap dari Google Maps, termasuk kondisi lalu lintas real-time untuk rute pengguna saat tersebut.

Bisho melanjutkan, bahwa secara default, Google hanya akan mendownload informasi dan data suatu daerah ke perangkat si pengguna, saat si pengguna terhubung koneksi Wi-Fi. Hal ini untuk mencegah pemakaian data yang besar.

Walaupun pembaruan Google Maps tersebut sementara ini hanya tersedia untuk para pengguna perangkat Android, para pengguna perangkat Apple diklaim akan segera pula mencicipi pembaruan google maps ini.


Post a Comment

Previous Post Next Post

Formulir Kontak